Sebuah catatan tentang coba-coba resep masakan, yang kupikir sayang bila tidak disimpan. So...di blog ini berisi semua catatan resep yang sudah kucoba praktekkan dengan segala hasilnya. Semoga bermanfaat untuk orang lain yang sempat berkunjung di blog ini...

Pages

Thursday, June 23, 2011

BOLU KUKUS COKLAT BINTIK (Akhirnyaaaa....lepas juga dari kutukan bolkus)

Beberapa kali bikin bolu kukus tapi gatot (gagal total) mlulu. Tapi hal itu gak bikin aku patah semangat untuk coba bikin lagi karena selalu penasaran tiap browsing di inet dan lihat bolkus yang mekar merekah sempurna.

Saat siang menjelang sore kepengen mencoba menaklukkan bolkus (bolu kukus) dengan memanfaatkan bahan yang ada yaitu susu coklat punya ifan dan coklat mesies warna-warni dengan resep bolkus dari NCC yang aku bikin hanya setengah resep saja

Bahan:
450 gr  gula pasir
500 gr  tepung terigu
1 sdt     BPDA
4 btr     telur
300 cc  air putih / susu encer / santan (aku pake susu coklat)
1 sdm   emulsifier
1 sdt     essence pisang (aku gak pake)

Cara :
  • Campur tepung terigu dan baking powder double acting (BPDA), ayak, sisihkan.
  • Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental, masukkan tepung dan susu bergantian sambil diaduk hingga rata, beri essence, aduk rata.
  • Pisahkan sedikit adonan, beri pewarna. Tuang kedalam cetakan, kukus selama 10 menit. (aku gak pake pewarna tapi adonan diberi coklat mesies dan diaduk agar rata)

Setelah 10 menit dengan perasaan dag-dig-dug harap-harap cemas takut gagal lagi, kubuka tutup dandang. Dan ternyata hasilnya...tarraaaa....bolkus bisa "ngakak" lebar alias mekar sempurna. Pada kukusan ke dua pun juga sukses ngakak lagi. Waduh gak terkira deh rasa girangnya...akhirnya sukses menaklukkan si bolu kukus setelah beberapa kali mencoba bikin dan gagal terus.

Setelah kupikir-pikir, sepertinya kunci agar sukses bikin bolkus adalah saat ngocok telur dan gula harus benar-benar sampai kental dan adonan dituang sampai penuh di cetakan. Dandang juga harus dalam kondisi uap yang banyak atau panas betul sehingga adonan yang dikukus dapat mengembang sempurna.

Kapan-kapan pengen bikin bolkus lagi, tentunya dengan varian yang berbeda. Semoga bisa sukses seperti bolkus coklat bintik ini...!!!

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan tinggalin komentar yaa, boleh pertanyaan, kritik, atau saran agar blog ini makin baik dan bermanfaat.Ditunggu lho...!!