Sebuah catatan tentang coba-coba resep masakan, yang kupikir sayang bila tidak disimpan. So...di blog ini berisi semua catatan resep yang sudah kucoba praktekkan dengan segala hasilnya. Semoga bermanfaat untuk orang lain yang sempat berkunjung di blog ini...

Pages

Saturday, December 18, 2010

ROTI MANIS .....LAGI (Ala NCC / Fatmah Bahalwan)

Setelah sukses bikin roti manis, jadi pengen bikin lagi dengan resep lain dan jumlah bahannya sesuai dengan resepnya. (yang sebelumnya kan gak sesuai resep karena menteganya diumpetin Qilla jadi hanya pakai separuh dari resep). Ternyata hasilnya lebih wangi dan empuk, berikut resepnya :
Bahan A:
- 500 gr      tepung terigu protein tinggi
- 100 gr      gula
-   11 gr      ragi instan
-  1/2 sdt     bread improver
-     4 btr     kuning telor
- 200 ml      air Es

Bahan B:
- 100 gr      mentega/margarine
-     5 gr      garam

Bahan C:
-   50 gr  coklat mesis
-   75 gr  keju parut
- 100 gr  tumis daging sapi giling 
 
Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis.   Istirahatkan 20 menit.
  2. Kempiskan adonan, potong timbang 40 gr, bulatkan. Istirahatkan 10 menit.
  3. Bagi bulatan menjadi 3 bagian (untuk 3 macam isian roti)
  4. Ambil satu bulatan adonan, beri isi bahan C untuk masing-masing bagian, bentuk bulat. Lakukan untuk semua bulat
  5. Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 C hingga terlihat keemasan. Angkat.


1 comment:

  1. nice article, very helpfull & usefull. Wah jadi pingin nyoba nich, lihat resep roti manisnya yg maknyuss.Dan bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & semoga sukses selalu yach....

    ReplyDelete

Silahkan tinggalin komentar yaa, boleh pertanyaan, kritik, atau saran agar blog ini makin baik dan bermanfaat.Ditunggu lho...!!