Sebuah catatan tentang coba-coba resep masakan, yang kupikir sayang bila tidak disimpan. So...di blog ini berisi semua catatan resep yang sudah kucoba praktekkan dengan segala hasilnya. Semoga bermanfaat untuk orang lain yang sempat berkunjung di blog ini...

Pages

Friday, December 17, 2010

BUTTER CREAM ENAK

Beberapa kali membuat butter cream untuk bahan olesan kue ataupun topping kue akhirnya nemu formula yang lumayan enak (menurut lidahku lhoo...)

Awalnya saya hanya menggunakan mentega shortening yang dicampur dengan susu kental manis, sirup gula dan vanila essence. Tapi begitu lihat whip cream siap pakai yang enak akhirnya kepikiran untuk nambahin whip cream itu ke butter cream. Dan akhirnya jadilah butter cream yang lebih yummy dan aroma sedap karena saya tambahin juga dengan caramel essence dan strawberry essence sebagai pengganti aroma rhum yang wangi.

Resepnya sebagai berikut :
Bahan :
- 350 gr shortening (mentega putih)
- 1/2 klg susu kental manis
- 75 ml syrup gula
- 75 gr whip cream bubuk
- 125 ml air es

Cara :
1. Shortening dikocok sampai lembut.
2. Tambahkan susu kental manis dan syrup gula
3. Whip cream bubuk dicampur dengan air es, aduk sampai rata kemudian masukkan ke adonan dan kocok sampai adonan menjadi lembut teksturnya.
4. Beri essence vanilla, caramel, atau strawberry.
5. Butter cream siap digunakan. (Kalau menginginkan bisa diberi warna menggunakan pewarna makanan)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalin komentar yaa, boleh pertanyaan, kritik, atau saran agar blog ini makin baik dan bermanfaat.Ditunggu lho...!!