Sebuah catatan tentang coba-coba resep masakan, yang kupikir sayang bila tidak disimpan. So...di blog ini berisi semua catatan resep yang sudah kucoba praktekkan dengan segala hasilnya. Semoga bermanfaat untuk orang lain yang sempat berkunjung di blog ini...

Pages

Saturday, November 20, 2010

KUTUKAN BOLU KUKUS (Gagal lagi....hiks...hiks...)

Pagi ini mencoba memberanikan diri untuk mencoba membuat lagi bolkus (bolu kukus) setelah pernah mengalami kegagalan pada beberapa bulan lalu saat mencoba membuat bolkus.

Kali ini sebelumnya mencari informasi rahasia kesuksesan membuat bolkus sehingga penampakannya menjadi mekar sempurna. Browsing sana-sini untuk mengetahui trik pembuatan anti gagal. Akhirnya nemu satu resep dan trik pembuatan dari bolkus di satu blog kuliner. Saya perhatikan dan tulis di kertas untuk contekan. Dan pagi ini mulailah beraksi dengan harap-harap cemas.

Step by step dari penyiapan bahan dan cara pembuatannya kulakukan persis seperti di contekan sampai adonan siap untuk dikukus. Dan tibalah saat mengukus adonan bolkus. Sengaja saya mengukus tidak terlalu banyak (9 bh dalam sekali mengukus) untuk memberi ruang kepada adonan agar bisa mekar. Sambil menunggu dengan harap-harap cemas apakah bisa sukses sesuai dengan contoh gambar di blog asal contekanku ataukah gagal lagi seperti pertama kali mencoba membuat bolkus. karena saya rasa semua sudah dilakukan perfect mengikuti seperti contohnya saya berharap bisa sukses.

Akhirnya setelah kurang lebih sepuluh menit mengukus, saya buka tutup dandang kukusan. Ternyata si bolkus tetap cemberut alias tidak mau mekar. Begitu juga pada kukusan ke dua dengan waktu mengukus yang 5 menit lebih lama dari yang pertama tidak ada satupun adonan bolkus yang mau mekar. Tapi pada kukusan ke tiga (tinggal 4 adonan dalam cetakan) ada 2 bh yang bisa agak senyum sedikit atau merekah sedikiiit saja.

Kira-kira kenapa ya koq mogok tidak mau mekar, apa masih terlalu padat atau kebanyakan saat mengukusnya? Atau memang belum bisa lepas dari "kutukan" bolu kukus...hiks...hiks...

37 comments:

  1. ngocoknya berapa lama mbak? katanya ngocok adonannya harus paling nggak 15 menit.. terus juga kyk nya tuch adonannya keliatannya encer dech. Mungkin perbandingan antara terigu & air (soda)nya? aku baru bikin hari ini, walopun nggak ngakak mekarnya, tapi paling nggak dia ketawa nggak cemberut..hehe
    - Ina

    ReplyDelete
  2. kemarin sempatbuat bolkus dan merekah. permasalahannya adalah dia merekah dgn manis pas di dandang. wkt tutup dandang di buka trus agak kempes gt. beda banget ama resep nya mamaku. kalau menurutku mgkn ada perbedaan di mixer. dulu ak buat bolu kukus pake mixer mama (mixer bosch). cuma masukin semua adonan trus kocok 7 menit dan langsung ok. semua pada ngakak. pas pake mixer biasa kok kadang ga ngakak. senyum dikit tapi pas uda di kukusan ke 2 atau ke 3.
    ini resep yg aku pakai dan mekar tp agak menciut sewaktu di keluarkan dr dandang.

    Ingredients:
    200 gr gula pasir
    250 gr tepung terigu
    2 sdm susu bubuk
    4 butir telur
    150 ml air/susu (kemarin ak pakai air : 200ml)
    1 sdm emulsifier
    vanili

    pewarna makanan sesuai selera

    Directions:
    1.Siapkan dandang, biarkan sampai mendidih
    2.Kocok semua bahan jadi satu kira-kira 10 menit atau lebih kalau adonan masih belum kental mengembang
    3.Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan paper cup
    4. Ambil adonan secukupnya beri pewarna
    5. Tuang adonan dalam cetakan, tuangi atasnya dengan adonan berwarna, kukus 15 menit *jangan lupa tutup dandang dialasi serbet ....

    nb : kemarin bs jadi kurang lebih 15 bolu kukus.

    selamat mencoba :)

    ReplyDelete
  3. Mbak Lala dan Anonimous (entah siapa namanya) : makasih banget udah kasih saran dan resep...tp sampe skrg masih rada2 trauma bikin bolkus walopun sempet sukses mekar semua...kayaknya lg hoki deh, begitu coba lagi ternyata gagal maning...hehehehe

    ReplyDelete
  4. ahhhhh sama juga saya malah jdi putus asa maluuuu lah gimana ada keponakan ponakan datang pngennnya buat bolkus untuk dimaem bareng bareng eee hasilnya mumpret cemberut lahh jadinya malah tdk di bilang pintar malah diketawaiin.....

    ReplyDelete
  5. o iya fb saya kelangenandapur@yahoo.com salam kenal semuanya

    ReplyDelete
  6. Ini juga yg dulu saya alami. Gagal 'n gagal maning. Tapi saya terus mencoba, karena penasaran. Setelah browsing sana browsing sini, akhirnya saya berhasil membuat bolkus yg ngakak dgn lebar. Dan sekarang saya mulai banyak pesanan terutama kalau lagi musim hajatan. So, saya pun keasyikan bermain dgn kombinasi warna2 yg indah. Dulu saya takut memberikan warna yg agak banyak, takut bantat. Tapi kini tidak lagi. Mau warna seberapa OK aja. Mungkin saya bisa berbagi sedikit tips. Setelah adonan siap 'n mixer diangkat, biasanya saya akan diamkan dulu, setidaknya setengah jam. Soalnya kalau langsung dikukus, kukusan pertama pasti jelek. Ngakaknya suka malu2.
    Satu hal harus kita ingat, jam terbang ikut menentukan, sukses atau tidaknya proses ini. So, jangan menyerah, ayo coba lagi mbak, pasti akan sujses dech...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bun kalau bolu kukus saya bisa mekar tapi kog keras ya?? Kira2 itu kurang lama mixernya atau kurang spnya??

      Delete
  7. Saya sudah 3x mencoba membuat bolu kukus, percobaan pertma bolkus mekar cantik tapi capnya saat dikukus menciut ,percobaan ke 2 dan ke 3 tidak mekar sama sekali padahal sudah mengikuti resepnya. Info donk bunda tips bolkus byr ga menciut cap nya dan byr mekar nya ngakak.

    ReplyDelete
  8. Saya sudah 3x mencoba membuat bolu kukus, percobaan pertma bolkus mekar cantik tapi capnya saat dikukus menciut ,percobaan ke 2 dan ke 3 tidak mekar sama sekali padahal sudah mengikuti resepnya. Info donk bunda tips bolkus byr ga menciut cap nya dan byr mekar nya ngakak.

    ReplyDelete
  9. Saya udah berkali kali buta bolkiah bunda.pertama bantat kedua rasax sudah seperti roti kukus tapi g mw mekar.ke 3 sukses n berhasil.q coba mw bikin lagi malah hasil bantal lagi.coba lagi bantat lagi.sampai q xerah buat bolkiah.terakhir buat pas mw hajatan ketika di kukus mekar dg sempurna ketika di buka dia kempes tapi tekstur udah lembut.kira kira kenapa bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pernah kayak gitu bun.. kempes saat di buka tapi lembut gak bantat. Katanya itu overmix.. emang sih waktu itu aku mixernya lama, tp emang lembut banget..

      Delete
  10. Saya udah berkali kali buta bolkiah bunda.pertama bantat kedua rasax sudah seperti roti kukus tapi g mw mekar.ke 3 sukses n berhasil.q coba mw bikin lagi malah hasil bantal lagi.coba lagi bantat lagi.sampai q xerah buat bolkiah.terakhir buat pas mw hajatan ketika di kukus mekar dg sempurna ketika di buka dia kempes tapi tekstur udah lembut.kira kira kenapa bunda

    ReplyDelete
  11. aku pakai resep ini dan hasil nya selalu merekah
    250 gr tepung terigu
    200 gr gula pasir
    200 ml susu cair
    2 butir telur
    1 sdt SP
    di mixer 10 menitan gt,nah pas mau masukin adonan ke kertas na aku panasin kukusan yang air nya ga boleh terlalu banyak,jgn smp air na nyentuh lobang2 yg ada di kukusan, trus jgn lupa tutup na di kasih serbet supaya air uap ga netes ke kue ( pastikan kukusan bener2 panas dan beruap sebelum masukin kue ) lalu masukin sekitar 6-7 buah aja ke dalam kukusan ( ga boleh trlalu banyak ntr bantet ) trs kukus 15-20 menitan..bikin 2x hasil na selalu merekah dgn baik kog..

    ReplyDelete
  12. Apa karena kukusannya ya?? Saya dibikin pakai langseng kukusan mama yg besar hasilnya bagus (dg resep yg sama). Ini saya bikin di mertua dengan kukusan kecil buat nasi, malah begitu dibuka langsung mimpes. Padahal tekstur adonan sama seperti biasa saya buat.

    ReplyDelete
  13. Saya bikin dgn resep sana sini jg masih gagal juga.bolunya merekah sempurna..eh pas dibuka tutupnya langsung mengkerut tak balik2 lagi.malu tapi ingin ketawa sendiri juga.anak2 sudah sangat senang nungguin hasilnya.ada tips jitu gak bun..biar bolunya tetap mekar saat tutupnya dibuka hingga dingin?
    Atau adakah jenis tepung khusus untuk mengukus karena saya diluar negeri jadi teping terigunya bermacam2 jenis.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Coba susunya diganti sprite.. Klu telurnya 6 kasih spritenya 250 ml ato 1btl kaca yg kecil

    ReplyDelete
  15. Kenapa bolu kukus saya menciut ketika keluar dari kukusan,dan atasnya ga matang,dan merekah sedikit

    ReplyDelete
  16. Betul susunya ganti sprite pasti merekah

    ReplyDelete
  17. Sama juga udah 3 kali coba mimpes terus pas di buka dandang nya padahal udah sesuai resep sM caranya juga tp tetep gak berhasil

    ReplyDelete
  18. Sama juga udah 3 kali coba mimpes terus pas di buka dandang nya padahal udah sesuai resep sM caranya juga tp tetep gak berhasil

    ReplyDelete
  19. yg di kocok gula,sp,n telur . klo udh ngembang dan mengental berjejak, kasih terigu n seprite aduknya pake centong aja jgn pke mixer

    ReplyDelete
  20. Bagi mba mba atau bunda bunda yg hobi masak. Tetep semangat ya....saya pernah baca resep milik amey di cookpad. Dia pernah buat dan dikukusan pertama tidak mekar. Sehingga beliau menambahkan SP lagi dan hasilnya Oke mba...merekah pecah 4. Saya sendiri sering membuat bolu kukus dengan metode all in one dengan lama mixer antara 8 s.d 12 mnt dg merek mixer cosmos. Alhamdulillah merekah terus. Tetapi pernah saya mencoba dengan soda malah tidak mau merekah meskipun rotinya teksturnya empuk. Selidik punya selidik ternyata SP nya sudah kurang bagus. Saya coba browsing bagaimana cara agar mendeteksi SP yg masih bagus. Yaitu campur SP dg es batu lalu kocok dg garpu. Jika hasilnya masih berbusa maka SP masih bagus. Tetapi jika tidak ada busa maka harus beli yg baru. Begitu pengalaman dari saya. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bun bolu yg saya bikin itu mekar tp kog pas dingin agak keras ya.. yah bisa di bilang bantat lah.. percobaan pertama itu gk mekar hanya retak aja, tp lembut bgt... Mohon koreksinya bun..

      Delete
  21. Sp di mixer belakangan stelah bahan lain di mixer skitar 5menit dngan kecepatan tinggi, baru tambah sp n mixer lagi sekurang2 nya 15menit dgn kecepatan tinggi jg
    Saya buat tanpa soda alhamdulillah jadi n mekar

    ReplyDelete
  22. Mbak klo bolkus aku atasnya mekar tp bawahnya bantat mengkerut ky ada cipratan airnya padahl air uda aq kasi sdkt hingga hampir abis tp kok bisa masi kcipratan ya mbak itu knp mbak apakah karna kegedean apinya atau emang pancinya๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  23. Tipsnya:
    1. Coba pakai resep tepung 250gr, gula 250gr, air 250ml (saya padukan santan kara 125ml dan air biasa 125ml), telur 2, SP 15gr. Kocok 10-15 menit sampai kental dan halus.
    2. Kukus 12-15 menit dg kukusan yg pkai serbet. Kalau saya pakai klakat tdk perlu pakai serbet
    3. Wadah bolkusnya pastikan yg dr seng, bukan plastik. Belasan kali gagal krn wadahnya plastik sepertinya tidak menghantarkan panas ke bagian bawah kuenya, hasilnya kuenya mekar tp pas diangkat jd mengkerut.

    Belasan kali gagal, alhamdulillah berhasil juga tanpa sprite tanpa bpda, cukup SP saja.

    ReplyDelete
  24. Tipsnya:
    1. Coba pakai resep tepung 250gr, gula 250gr, air 250ml (saya padukan santan kara 125ml dan air biasa 125ml), telur 2, SP 15gr. Kocok 10-15 menit sampai kental dan halus.
    2. Kukus 12-15 menit dg kukusan yg pkai serbet. Kalau saya pakai klakat tdk perlu pakai serbet
    3. Wadah bolkusnya pastikan yg dr seng, bukan plastik. Belasan kali gagal krn wadahnya plastik sepertinya tidak menghantarkan panas ke bagian bawah kuenya, hasilnya kuenya mekar tp pas diangkat jd mengkerut.

    Belasan kali gagal, alhamdulillah berhasil juga tanpa sprite tanpa bpda, cukup SP saja.

    ReplyDelete
  25. Bbrp bulan yl pernah kena kutukan bolu kukus. Kemudian berhasil setelah koreksi bbrp kesalahan. Tp skrg kena kutukan lg pdhl rasanya udh bnr teknis proses pembuatannya. Cape dweehh...

    ReplyDelete
  26. Udah nyoba 4x, tp gagal maning gagal maning, cemberut terus bolkusny,sedikitpun g mau tersenyum, q jd takut liatny,, sereeeem ah rsny ingin berlari meninggalkn bolkus yg terus cemberut,,, pdhl bikiny udah ganti2 resep dan mengikuti resep yg berhasil tp sllu gagal lagi, sepertiny g mau berpihak kpdaku,,,,

    ReplyDelete
  27. Wah..istri saya buat bolkus...edisi pertama dengan bahan pindan hasilnya oke banget....seneng istri saya....
    Lalu berikutnya uji coba dengan bahan dasar tepung terigu biasa...ternyata hasilnya ..mengembang di awal..tapi setelah diangkat menyusut...apa ya sebabnya?...semangat ya istriku....kita coba terus....

    ReplyDelete
  28. Saya jg pas ngukus hasilnya oke.. tp di buka tutupnya balik mimpes.. apa ya sebabnya

    ReplyDelete
  29. Saya awal belajar bkin bolu kukus Alhamdulillah mekar sempurna seneng bgt rasanya,tp pas mau bkin lg kok malah bantet padahal resepnya sama.haddeehhh mana bkin banyak bgt.pas di panci mekar pas di angkat langsung menciut bingung jdnya salahnya dmna?����

    ReplyDelete
  30. Aku mama Rossa,,pengen sekali buat bolu kukus yang mekar merekah,,tp sayang,,pas di buka mekar,,tapi keluar dari panci langsung menciut trus bantet pula๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ,,minta resepnya yang bagus & berhasil dong bunda2,,๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
  31. Sy prnh 2x bwt,bantat N keras,kcwa n jera rasanya krn gagal,kupkir krn g pk soda,sy ikuti ssuai resep yg tdk pkai soda,tp gagal.trs bwt yg pk soda,brhsil mekar smpurna,pas bwt 2x lg pk sprite gagal maning,bantat sih gk,tp g mu mekar,kecwa bgt deh๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
  32. sekali berhasil 2x gagal
    bikin lagi berhasil
    bikin lagi gagal
    nasib nasib
    padahal trik sama takaran sama puersissss๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
  33. Kayanya saya malah sdh ada kalau 20 x bikin ndk jadi semua..hari ini bahkan bikin 3x dan ke3 kalinya gagal smua.dr berbagai macam resep sdh dicoba.dr pakai soda,pakai susu cair,pakai santan dan pakai air jg.smua resep gagal.sekalipun belum pernh berhasil.sdh nyerah sy....berasa kena kutukan bolkus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipsnya bun
      1.telurnya ukuran sedang aja
      2.gula usahakan butiran yg halus tapi bukan gula tepung
      3.terigu diayak dulu

      coba resep ini bun
      terigu 250gr
      gula 200gr
      telur 2 ukrn sedang
      sprite 150ml
      vanili 1/2 sdt
      sp 1sdt
      susu bubuk 2sdm

      di mix jngan lebih dari 10mnit klo mau pake santan boleh
      kmren aku pake sntan instan kara yg 65ml
      tp takaran sprite aku kurangi jadi 100ml
      jamin berhasil bun insya Allah

      Delete

Silahkan tinggalin komentar yaa, boleh pertanyaan, kritik, atau saran agar blog ini makin baik dan bermanfaat.Ditunggu lho...!!